Cara Mengatasi Pengangguran Teknologi

Ada beberapa cara mengatasi pengangguran teknologi yang bisa diterapkan. Hal ini bisa dilakukan siapa saja yang tergerak untuk andil dalam memerangi pengangguran.

Terbayang kan, jika tiba-tiba perusahaan tempat bekerja mengurangi karyawan karena berbagai hal? Pasti rasanya tidak mengenakkan.

Dan perlu diketahui, bahwa pengangguran teknologi yang marak terjadi di saat ini juga dampak dari teknologi. Banyak perusahaan mulai beralih menggunakan teknologi otomatis.

Memerangi Pengangguran Teknologi

1. Meningkatkan Mutu Pendidikan

Meningkatkan mutu pendidikan adalah cara terbaik dalam menangani pengangguran teknologi yang semakin marak. Dalam praktiknya, pendidikan ini bermakna luas.

Pendidikan bukan saja menyoal harus menempuh pendidikan yang tinggi atau melulu tentang sekolah formal. Karena masyarakat dituntut memiliki berbagai kemampuan agar bisa beradaptasi.

Selain menempuh pendidikan formal, tidak ada salahnya mulai memperkaya pengalaman dengan mengikuti berbagai pelatihan. Dalam hal ini pemerintah juga sudah berupaya maksimal memberikan fasilitas.

2. Pelatihan Tepat Guna

Masyarakat yang peduli akan tingginya angka pengangguran khususnya pengangguran teknologi, akan ada beberapa inisiatif untuk membantu menekan angka tersebut.

Salah satu caranya adalah dengan membuka sebuah pelatihan bagi para pekerja yang terkena dampak dari kemajuan teknologi yang sangat pesat hingga menjadi seorang pengangguran teknologi.

Dengan adanya pelatihan semacam ini, tentu para pengangguran teknologi akan sangat terbantu dalam mengasah ketrampilan yang dimiliki menjadi lebih bermanfaat untuk mencari nafkah.

Misalnya saja memberikan pelatihan pada para petani yang biasa menumbuk padi dengan cara manual, diajarkan cara menggunakan mesin penggiling padi agar lebih mudah.

3. Menciptakan Lapangan Kerja

Adanya lapangan kerja baru akan sangat membantu menekan angka pengangguran teknologi. Baiknya pemerintah memberikan program kerja membuka lapangan kerja baru bagi para pengangguran yang disebabkan dari kemajuan teknologi yang sangat pesat.

Bisa juga dengan mengadakan sosialisasi bagi masyarakat untuk lebih peduli terhadap angka pengangguran akibat dampak teknologi yang tinggi, sehingga banyak yang membantu untuk menekan angka pengangguran tersebut.

4. Fasilitas Pinjaman Modal

Salah satu faktor banyaknya angka pengangguran yang ditimbulkan dari kemajuan teknologi adalah modal yang minim.

Banyak pengangguran yang tidak memiliki modal untuk mengadopsi teknologi terbaru sehingga pengetahuan tentang kemajuan teknologi pun terhambat, yang pada akhirnya berefek buruk pada pekerjaan.

Jika ada kredit pinjaman modal, pengangguran akibat teknologi bisa sangat terbantu. Pengangguran tersebut akan mudah menerapkan teknologi yang baru dengan lebih mudah.

Sebagai contoh, adanya pinjaman bagi pemilik usaha laundry agar bisa membeli mesin cuci yang lebih canggih untuk memajukan bisnisnya, jika bisnis lebih maju maka akan ada lapangan kerja baru.

5. Motivasi dan Pengembangan Diri

Salah satu aspek yang mendorong individu untuk pantang menyerah dalam menjalani kehidupan adalah motivasi diri. Biasanya yang memiliki ambisi untuk maju akan terus memupuk diri dengan motivasi.

Memberikan suntikan semangat dengan berbagai cara setidaknya akan membangkitkan optimisme. Sebenarnya cara ini adalah cara terbaik untuk bisa eksis dalam berbagai kondisi.

Kumpulan artikel terkait!

6. Mengembangkan Bakat

Jika memiliki sebuah ketrampilan atau sebuah bakat dalam suatu bidang, ada baiknya untuk terus mengupdate bakat tersebut. Mengembangkan bakat yang dimiliki itu sangat diperlukan.

Ada satu bidang yang bisa dilakukan maka kembangkan dengan maksimal, daripada harus mencari keahlian atau bakat lain dan belajar dari awal tanpa tahu apa-apa sebelumnya.

Kunci untuk mengembangkan sebuah bakat dalam diri adalah tidak mudah bosan dan tekun. Jika mudah menyerah dan cepat bosan, bakat yang sudah ada di dalam diri tidak akan terasah dengan baik.

Sebagai contoh, ada yang sudah mengerti akan komputer secara umum, bisa dikembangkan dengan belajar ilmu tersebut dengan lebih spesifik, misalnya menjadi blogger, admin kantor, atau youtuber. Ini bisa menjadi cara yang jitu.

7. Perluas Pergaulan

Di era ini relasi adalah salah satu hal yang sangat penting terutama untuk urusan pekerjaan. Semakin banyak relasi makan semakin banyak peluang kerja yang ada untuk setiap orang.

Untuk itu ada baiknya memperluas pergaulan. Cara mengatasi pengangguran teknologi yang gampang-gampang susah. Memperluas pergaulan di sini bukan berarti harus menonjol dalam satu pergaulan.

Namun menjadi orang yang bisa diandalkan serta mudah berbaur dalam sebuah tim merupakan kuncinya. Hal tersebut akan membangun rasa percaya terhadap seseorang sehingga orang tersebut akan dilibatkan dalam sebuah bisnis atau ruang lingkup kerja yang ada.

8. Meningkatkan Kreativitas

Pengangguran yang disebabkan adanya kemajuan teknologi yang sangat pesat harus pintar-pintar menambah kreatifitas dalam dirinya. Meningkatkan kreatifitas merupakan salah satu jalan untuk bisa mengimbangi kemajuan teknologi yang sekarang ini ada.

Sebagai contoh, karena menjadi pengangguran akibat teknologi maka memutuskan untuk membuka usaha sendiri dengan modal ketrampilan yang didapat dari tempat kerja sebelumnya.

Maka, pastikan untuk membuat sebuah produk yang unik agar bisa menarik perhatian masyarakat.

9. Komunikasi dengan Teman Lama

Jika sudah menjadi seorang pengangguran maka cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan baru lagi adalah dengan menghubungi rekan lama.

Tujuan mengontak kembali rekan lama adalah untuk memperoleh informasi terbaru tentang lowongan bisnis atau lapangan pekerjaan. Jika sudah mendapatkan informasi maka akan ada pandangan masa depan.

Bisa juga dari seorang rekan lama, ada ilmu atau tips yang dibagikan khususnya untuk mengembangkan sebuah bisnis atau cara menjadi pekerja yang ahli di tengah-tengah perkembangan teknologi sekarang ini.

10. Menjadi Sukarelawan

Cara mengatasi pengangguran teknologi satu ini bisa juga dilakukan. Saat menjadi pengangguran teknologi tidak ada salahnya untuk mengikuti sebuah lembaga kemasyarakatan.

Bisa saja dengan mengikuti kegiatan semacam itu nantinya akan ada lowongan bisnis atau pekerjaan yang didapatkan dari sesama relawan.

11. Memanfaatkan Teknologi Online

Bagaimanapun juga ujung-ujungnya tentu harus mengerti dunia teknologi bukan? Media sosial ini contohnya, salah satu hasil dari kemajuan teknologi yang sangat pesat.

Media sosial adalah salah satu hal yang penting sekarang ini. Tidak ada salahnya memanfaatkan layanan online seperti media sosial untuk mencari pekerjaan atau memulai sebuah bisnis.

Selain untuk komunikasi, media sosial bisa menjadi tempat jualan atau tempat mencari sebuah lowongan pekerjaan.

Banyak sekali terdapat iklan lowongan pekerjaan yang ada di media sosial. Serta bisa juga menjadikan medsos ini sebagai tempat mengiklankan produk yang dimiliki dan membangun relasi bisnis.

Benar, pengangguran teknologi bukan berarti tidak memiliki tingkat pendidikan yang tinggi. Kurangnya rasa ingin tahu dan rasa tertarik dalam urusan teknologi bisa menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Untuk itu ada cara mengatasi pengangguran teknologi yaitu, siapa saja harus melek akan teknologi jika tidak ingin termakan jaman. Kunci sukses adalah terus belajar dan memiliki pikiran yang positif.

Selama yakin bisa, apapun akan mudah untuk dipelajari dan dipahami termasuk salah satunya teknologi.