11 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Untuk Pemula

Deretan aplikasi belajar bahasa Jepang ini akan mempermudah dalam proses belajar. Selain praktis, umumnya fitur yang ada bisa digunakan secara gratis dan bisa digunakan secara offline.

Seperti yang diketahui, Jepang menjadi salah satu negara destinasi wisata favorit dan tempat magang kerja. Tidak sedikit juga masyarakat Indonesia yang menuntut ilmu disana.

Untuk mempercepat proses belajar, aplikasi ini bisa digunakan cara belajar bahasa Jepang otodidak dan praktis. Sehingga, saat mengambil kelas kursus akan lebih cepat memahami dan menguasai.

Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Gratis

1. Poro Nihongo – Aplikasi Bahasa Jepang

Aplikasi buatan developer asal UK ini setidaknya sudah diunduh lebih dari 500 ribu pengguna di seluruh dunia. Aplikasi ini mengajarkan bahasa Jepang via audio yang langsung dibacakan oleh native Jepang. Setidaknya ada 750 percakapan berbagai tema umum yang bisa dipelajari.

Dengan berbagai fitur yang ditawarkan, aplikasi ini sangat cocok untuk yang ingin belajar bahasa Jepang mulai dari nol. Pengguna bisa memanfaatkan berbagai fitur seperti mode playlist, audio cerita, audio berita, dan daftar kosakata umum yang digunakan dalam keseharian masyarakat Jepang.

2. Bunpo: Learn Japanese

Aplikasi Bunpo terbilang yang paling tepat jika ingin belajar bahasa Jepang lebih mendalam. Bunpo diciptakan oleh developer Bunpo Kyoto Japan. Aplikasi ini berukuran 9,8 MB dan bisa digunakan pada Android versi 6.0 Marshmallow ke atas.

Bunpo menyediakan fitur gratis yang cukup lengkap. Pengguna bisa belajar grammar bahasa Jepang dalam berbagai level mulai dari JLPT N5 sampai JLPT N1.  Beberapa metode lain dalam belajar adalah melalui kuis, daftar vocabulary, reading, sampai listening. Dan tentu  pengguna bisa belajar huruf kanji Jepang disini.

3. Drops – Belajar Bahasa Jepang & Kanji

Language Drop menjadi salah satu developer yang mengembangkan aplikasi belajar bahasa Jepang. Bahkan aplikasinya sudah masuk jadi top 10 di PlayStore dengan rating 4,8. Drops: Belajar Bahasa Jepang hanya berukuran 30 MB dan mendukung untuk digunakan pada Android versi 4.4 ke atas.

Drops bisa dibilang sebagai salah satu aplikasi pembelajaran yang paling lengkap. Selain bisa belajar kosakata umum, pengucapan, dan kalimat keseharian, pengguna bisa belajar menulis huruf Jepang. Ada 2 jenis huruf yaitu Kanji dan Hiragana yang diajarkan di aplikasi ini.

Uniknya lagi, untuk mempercepat proses menghafal kosakata, masing-masing kata digambarkan dengan tema yang berbeda. Selain itu disediakan games untuk mengukur kemampuan bahasa Jepang yang telah dipelajari.

4. Modul Interaktif Bahasa Jepang

Aplikasi besutan Circlebit Lab ini punya fitur yang sangat lengkap dan gratis. Modul Bahasa Jepang cocok digunakan pada Android versi 2.3 Gingerbread ke atas dengan ukuran 4,4 MB. Meskipun tergolong aplikasi ringan, tapi Modul Bahasa Jepang ini punya fitur yang lengkap.

Ada 57 tema pembelajaran yang tersedia. Mulai dari percakapan dan kosakata sehari-hari dan mengungkapkan pertanyaan. Pengguna pun bisa belajar menulis huruf Kanji, Hiragana, Katana, hingga Hiragana No Kakikata.

5. Japanese Grammar

PORO NIHONGO menghadirkan aplikasi kursus bahasa Jepang yang bisa diakses secara online. Karena materinya tersedia online, aplikasi ini super ringan.

Materi pembelajaran dalam aplikasi ini berasal dari sekolah bahasa Jepang Weihome Gakuen. Kamu bisa belajar berbagai macam kosakata baru, percakapan simpel, hingga menulis huruf Hiragana. Ada lebih dari 1500 kosakata yang bisa Anda hafalkan dengan fitur Speech.

Baca juga:

6. Learn Japanese Communication

Aplikasi Pelajari Harian Jepang besutan AWABE ini hanya berukuran 19 MB. AWABE menghadirkan aplikasi yang kompatibel untuuk Android versi 4.0 ke atas. Seperti namanya, AWABE menyediakan materi belajar kosakata dan juga percakapan keseharian orang Jepang.

Aplikasi AWABE ini bisa diakses offline tanpa perlu jaringan internet. Ada banyak topik yang bisa dipelajari plus bagaimana cara pengucapannya seperti native speaker Jepang. AWABE menjadi aplikasi yang paling cocok untuk diinstal sebelum berangkat wisata ke Jepang.

7. Aplikasi Belajar Bahasa Jepang

Ada aplikasi karya anak bangsa yang bisa dicoba, namanya aplikasi Belajar Bahasa Jepang besutan Bali Media. Aplikasi ini cukup ringan, hanya 3,9 MB saja dan kompatibel pada smartphone Android versi 4.1 ke atas.

Belajar Bahasa Jepang punya desain antarmuka yang simpel dan mudah dipahami. Tapi aplikasi ini punya fitur yang lumayan lengkap. Ada materi grammar, salam, angka, anggota tubuh, cuaca, dan percakapan sehari-hari. Selain itu terdapat  juga latihan spelling via audio dengan penutur asli orang Jepang.

8. Kosakata Bahasa Jepang Sehari Hari

Bravolol menghadirkan aplikasi latihan bahasa Jepang dengan ukuran 27 MB. Aplikasi ini punya fitur yang memudahkan untuk berbicara dalam bahasa Jepang. Ada banyak paket audio kosakata dan kalimat yang diucapkan langsung oleh native speaker Jepang.

Bagi yang akan berkunjung ke Jepang wajib mendownload aplikasi ini. Jika disana terpaksa tak bisa berkomunikasi langsung dengan penduduk lokal, pengguna bisa mengandalkan daftar kalimat, kosakata, hingga memutar audio dari aplikasi ini sebagai bantuan.

9. Pintar Jepang – Belajar Bahasa

Salah satu developer ternama , LuvLingua meluncurkan aplikasi yang mudah untuk belajar bahasa Jepang. Ukuran aplikasinya hanya 17 MB dan bisa dipakai pada smartphone Android versi 4.1 ke atas. Aplikasi dari Selandia Baru ini berisikan banyak kosakata Jepang yang umum digunakan, tema kosakata, percakapan, hingga permainan.

Bahkan aplikasi ini juga menyediakan fitur belajar huruf Kanji, Hiragana, serta menyusun frasa atau kalimat sehari-hari. Menggunakan aplikasi ini setidaknya bisa membantu untuk belajar bahasa Jepang dalam sekejap, kemudahan lain adalah bisa digunakan secara offline.

10. HeyJapan: Learn Japanese

Belajar Bahasa Jepang Lengkap bisa digunakan pada smartphone Android versi 4.1 Jelly Bean ke atas. Aplikasi ini besutan dari Yongkru dengan ukuran 22 MB bisa dibilang sangat lengkap, cocok digunakan sebagai sebagai buku saku untuk mempermudah pembelajaran.

Pengguna bisa belajar kosakata penting, percakapan sehari-hari, percakapan berbelanja, aktivitas sehari-hari, dan kalimat umum dalam budaya Jepang. Untuk mengevaluasi seberapa jauh kemampuan bahasa Jepang yang dimiliki, dalam aplikasi ini disediakan fitur berupa games yang menarik.

11. Belajar Jepang Gratis

ATi Studios di Brasov Rumania menghadirkan aplikasi latihan bahasa Jepang yang dijamin gratis. Aplikasi ini punya ukuran yang beragam sesuai jenis perangkat yang dimiliki. Tapi aplikasi Belajar Jepang Gratis ini hanya bisa dipakai pada ponsel Android versi 4.4 ke atas.

Aplikasi dari ATi ini mengusung konsep belajar dimana saja dan kapan saja, meskipun sedang sibuk dengan hobi atau pekerjaan lainnya. Halaman antarmukanya cukup sederhana dan mudah dipahami serta didukung fitur cukup lengkap bagi pemula.

Kamu bisa belajar kosakata, frasa, percakapan, kalimat umum, konjugasi kata kerja, dan juga listening dengan penutur native speaker Jepang. Untuk mengukur kemampuan bahasa Jepang yang sudah dipelajari, disediakan game dan latihan percakapan yang simpel.

Daftar aplikasi belajar bahasa Jepang di atas bisa menjadi solusi bagi siapa saja yang bermimpi bisa ke Jepang dengan berbagai kepentingan. Tinggal sejauh mana keinginanmu untuk benar-benar bisa mempelajarinya.