13 Aplikasi GPS Navigasi Terbaik

Hampir setiap smartphone yang digunakan masyarakat umumnya telah terinstall aplikasi GPS atau aplikasi maps. Bahkan sudah menjadi perangkat penting bagi para pekerja tertentu, misalnya driver ojek online.

Meski aplikasi maps yang populer adalah Google Maps Apk, namun sebenarnya ada banyak nama lain yang bisa dimanfaatkan. Terkadang ada yang belum puas dengan fitur yang ditawarkan Google Maps.

Berikut ini daftar aplikasi maps terbaik selain Google Maps yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Untuk tipsnya, pilihlah yang penggunaannya cepat meski jaringan internet tidak stabil sekalipun.

Aplikasi Maps

1. Aplikasi Maps Tercanggih

Aplikasi Google Maps tentu saja menjadi pilihan pertama dalam memenuhi kebutuhan untuk petunjuk jalan. Karena fungsi utama yang ditawarkan adalah sebagai peta, penunjuk jalan, bahkan pengguna bisa mendapatkan informasi jarak yang ditempuh.

Google Maps apk menjadi salah satu aplikasi maps tercanggih yang wajib diinstall, terutama bagi yang suka bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Hanya saja, jika belum terbiasa menggunakan aplikasi ini akan menemui kendala saat menemui jalan – jalan kecil.

Jika menggunakannya untuk petunjuk arah saat perjalanan jauh, sebaiknya memilih dengan menggunakan ikon mobil. Karena dengan cara ini, jalan yang akan ditunjukkan adalah jalur utama, sehingga resiko dialihkan ke jalan kecil bisa terminimalisir.

2. Android GPS Terbaik – Waze

Wazw Maps merupakan aplikasi GPS navigasi yang cukup populer dan sudah diunduh lebih dari 100 juta. Salah satu alasan kuat untuk menggunakan aplikasi ini karena memiliki fitur lengkap dan juga mudah digunakan.

Setidaknya dibutuhkan ruang penyimpanan sebesar 72 MB untuk bisa menggunakan Waze Maps. Sebagai aplikasi Maps dan GPS navigasi terbaik, kamu bisa menghidari sanksi ganjil genap, menggunakan peta langsung hingga menemukan lokasi SPBU pada rute yang digunakan.

Penulis sendiri juga pernah menggunakan apliaksi navigasi ini. Berdasarkan pengalaman tersebut, kesan yang didapatkan adalah merasa puas. Terutama dengan akurasi petunjuk jalan serta tampilan desain menarik.

3. GPS Penunjuk Jalan untuk Android

Di urutan berikutnya ada Gps penunjuk jalan yang dikembangkan oleh software apps mobile. Dengan aplikasi ini kamu akan terbantu saat sedang perjalanan dan membutuhkan penunjuk arah, salah satu kelebihan yang ditawarkan adalah titik koordinat yang akurat.

Jika dibandingkan dengan aplikasi navigasi lainnya, ukuran Gps penunjuk jalan termasuk paling ringan, hanya 4.2 MB. Setidaknya sudah ada lebih 1 juta pengguna yang sudah memanfaatkan kecanggihannya.

4. MAPS.ME

Menjadi salah satu piihan editor dan sudah diunduh lebih dari 50 juta pengguna, membuktikan bahwa aplikasi maps milik My.com B.V ini adalah salah satu yang terbaik dan bisa dijadikan pilihan.

MAPS.ME menawarkan peta Indonesia yang bisa digunakan tanpa jaringan inernet atau secara offline. Dengan begitu, pengguna bisa menggunakannya saat berada di daerah yang sulit atau bahkan tidak ada jaringan internet.

5. OsmAnd

Aplikasi maps OsmAnd mendukung penggunaan secara internasional karena bisa menjangkau hampir di seluruh negara di dunia. OsmAnd adalah aplikasi maps open-source dan aktif dikembangkan, bahkan pengguna bisa berkontribusi dalam mengode fitur baru atau meningkatkan terjemahan.

Secara lebih spesifik, jika kamu mengnginkan fitur peta perjalanan, navigasi offline, membutuhkan panduan jalan dan merencanakan rute perjalanan, maka OsmAnd adalah aplikasi yang tepat.

Kumpulan aplikasi populer lainnya!

6. Avenza Maps

Aplikasi GPS dengan nama Avenza Maps ini menjasi salah satu aplikasi populer. Bahkan penggunanya sudah lebih dari 1 juta. Secara desain dan antar muka yang dihadirkan menjadi salah satu pelengkap daya tarik.

Bagi pengguna yang terbiasa bekerja di lapangan dan membutuhkan bantuan peta, Avenza Maps adalah pilihan tepat. Dan yang lebih menarik adalah bisa bekerja tanpa membutuhkan jaringan internet.

7. TomTom GO Navigation

Untuk bisa menggunakan aplikasi GPS Navigasi TomTom pengguna harus berlangganan versi premium, adapun yang gratis terdapat uji coba selama 30 hari. TomTom sendiri adalah aplikasi maps yang banyak digunakan secara internasional dengan pengguna lebih dari 10 juta.

Sebelum melakukan instalasi TomTom, pastikan juga ruang penyimpanan masih banyak. Karena ukuran yang dimiliki terbilang besar, 103 MB. Sebagai informasi tambahan, umumnya terdapat fitur offline dari aplikasi sejenis, termasuk dari TomTom.

8. Bikemap

Jika sedang merencanakan bersepeda jarak jauh  kamu bisa memanfaatkan kecaggingah dari aplikasi Bikemap. Dengan begitu bisa mengira – ngira jarak antara tempat berangkat ke lokasi tujuan. Bahkan terdapat juga petunjuk jalan harus melewati jalur mana.

Berbeda dengan aplikasi maps lainnya, Bikemap menawarkan beberapa gaya peta yang bisa digunakan. Selain gaya basic terdapat juga misalnya OpenCycleMap, OpenStreetMap, 3D dan Night Mode, untuk fitur terakhir harus menggunakan premium.

9. All-In-One Offline Maps

Aplikasi GPS ini termasuk paling lama, karena sudah ada sejak tahun 2013. Dan hingga saat ini terus mengalami pembaruan dengan pengguna mencapai lebih dari 1 juta. Ukurannya pun terbilang kecil dibandingkan dengan aplikasi sejenis, hanya 4,5 MB.

Untuk sekedar fungsi peta, All In One Offline Maps bisa digunakan dalam keadaan tanpa terkoneksi jaringan. Sehingga memudahkan bagi pengguna yang ingin mendapatkan petunjuk arah. Pengguna juga bisa menambahkan titik arah, rute, area hingga trek pada peta yang digunakan.

10. Sygic GPS Navigation & Offline Maps

Saat mengetikkan nama Sygic pada kolom pencarian Google Play, maka langsung ditujukan nama Sygic GPS Navigation & Offline Maps. Penggunanya pun sampai saat ini sudah lebih dari 50 juta dengan jutaan ulasan.

Dengan menggunakan Sygic kamu bisa memanfaatkan peta offline dari semua negara yang disupport TomTom dan penyedia lain, pembaruan peta gratis hingga navigasi GPS pejalan kaki.  Untuk bisa mencoba semua fitur, pengembang menyediakan opsi uji coba selama satu mingu setelah instalasi.

11. MapFactor Navigator

Hadir dengan fitur offline dan didukung desain menarik, menjadikan MapFacotr Navigation sebagai pilihan. Dengan dukungan peta offline pengguna bisa menggunakannya tanpa harus selalu terkoneksi dengan jaringan internet.

Beberapa fitur utama yang menarik adalah, navigasi suara dalam berbagai bahasa, bisa merencanakan rute, mode 2D dan 3D hingga mode peta siang atau malam. Untuk versi premium didukung dengan pencarian online dan tanpa iklan.

12. GPS Route Finder

Selanjutnya ada aplikasi GPS yang bia kamu gunakan sebagai peta, pencari rute GPS, kalkulator jarak, kalkulator area hingga menentukan arah Kiblat. Dibutuhkan koneksi internet untuk bisa menggunakan fitur – fitur yang ada.

Aplikasi yang sudah diunduh 10 juta lebih pengguna ini berukuran ringan, navigasi mudah dan memiliki tampilan elegan. Sehingga saat memutuskan menggunakan GPS Route Finder tidak akan mengalami kendala berarti.

13. HERE WeGo

Meski dalam ulasan ini berada pada akhir rekomendasi, bukan berarti kualitasnya kalah bagus lho. Bahkan aplikasi besutan HERE Apps LLC ini sudah digunaka  lebih dari 10 juta pengguna. untuk fungsi utama dalah peta dan navigasi.

HERE WeGo memiliki peta offline terlengkap, ratusan negara di berbagai belahan dunia bisa menggunakannya. Untuk penggunaan dengan waktu lama menggunakan latar belakang, pastikan juga telah mengisi baterai optimal.

Sebenarnya jika mencari alternatif aplikasi maps selain Google Maps, pengguna tidak akan kekurangan referensi. Karena saat ini banyak pengembang yang berlomba – lomba menghasilkan aplikasi dengan fitur terbaiknya.